An Unofficial Guide to Kemlus First Test

19 Aug 2012

Tes CPNS Kemlu (dulu Deplu) sebentar lagi bakal dimulai. Semoga tulisan ini dapat berguna bagi sampeyan-sampeyan yang sudah lolos tes administrasi dan sedang bersiap-siap untuk tes tertulis wawasan internasional. Oke, to the point aja yah, udah lama gak nulis nih, jadi udah gak bisa basa-basi lagi. Hehe.

Tes tertulis biasanya terdiri dari 3 bagian (dengan waktu yg disediakan panitia sekitar 3 jam):

1. Multiple choice (15 - 25 soal)
2. Jawaban singkat (10 / 15 soal)
3. Uraian (5 soal)

Bagian 1 adalah multiple choice. So pasti, bobotnya paling kecil dibanding yg lain. Kita diminta untuk menandai jawaban yg benar.

Biasanya yg keluar seputar hal-hal ringan mengenai berita nasional, regional hingga internasional. Di bagian ini, membaca/menonton berita seperti dari Kompas, CNN hingga Al Jazeera banyak membantu. Coba search di Google, berita-berita apa saja yang menjadi sorotan media dalam rentang 2010 mpe 2012 (karena tahun 2010-2011 ada moratorium jadi isu-isu di tahun 2011 juga mungkin muncul). Biasakan menghafal nama, baik nama kota, orang, negara, tempat yg berhubungan dengan isu-isu tersebut.

Bagian 2 jawaban singkat. Meskipun jawabannya dengan cara menulis, tapi belum saatnya beropini disini. Karena yang ditanyakan adalah hal-hal yg pasti, jadi belum saatnya mengarang. Hehe. Isu yg akan keluar kurang lebih sama dengan bagian 1.

Bagian 3 adalah inti dari tes ini. Untuk calon dengan ijasah S1 diminta menjawab 3 soal bahasa Indonesia dan 3 soal bahasa Inggris. Untuk calon berijasah S2 tambah 1 soal di tiap bahasanya. Disini kita diminta untuk beropini mengenai berbagai macam isu-isu strategis diplomasi Indonesia. Bobot nilai pasti paling besar. Kayaknya sih begitu, soalnya dulu pas tahun 2010, bagian 1 dan bagian 2 ku kacau balau, tapi Bagian 3 udah kayak nulis artikel di koran deh. Haha. Mengapa aku tahu jawaban Bagian 1 dan Bagian 2 ku banyak yg salah? Gampang. Jawabannya kan bisa dicari di Google. Hee.

Kalo dulu sih aku ngerjainnya lugu banget: urut dari Bagian 1 ke Bagian 2 lalu ke bagian 3. Meskipun bisa lolos juga, tapi aku ga nyaranin cara ini. Yg paling tepat mungkin selesaikan dulu Bagian 3 ketika tenaga dan pikiran masih fresh, baru ke bagian 2 lalu bagian 1. Jangan sampe udah pusing dulu di Bagian 1 dan 2, padahal bobotnya cuman kelas teri. Hehe. Yaiyalah, kerjain yang kelas paus dulu dong.

Nah, kayaknya kalo cuman tips doang kurang berguna yah? Hehe. Oke, ijinkan aku mengira-ngira soal-soal yg bakal keluar. Kalo ga diijinin tetap ditulis. Hehe. Beberapa diantaranya adalah soal di tahun 2010. Biar enak, aku bagi jadi 3 isu juga: Indonesia, Regional (baca: ASEAN), dan Internasional. Ini untuk bagian 1 dan 2 dulu ya:

1. Indonesia:
1) Menteri Luar Negeri pertama Indonesia?
2) Apakah nama kebijakan luar negeri Indonesia? Siapa pencetusnya?
3) Judul buku M. Hatta yg berisikan kebijakan luar negeri Indonesia?
4) Tanggal perjanjian Linggarjati, Meja Bundar, Renville, Roem-Royen? Isinya?
5) Isi Dasasila Bandung?
6) Isi Deklarasi Juanda?
7) 4 Pilar kebangsaan Indonesia?
8) 3 (atau 4?) benda dari Indonesia yang resmi menjadi warisan dunia?
9) Sebutkan negara-negara yg berbatasan langsung dengan Indonesia?
10) Alat musik asal Indonesia yang dimainkan untuk menjadi rekor dunia di Washington DC?
11) Tuliskan isi proklamasi kemerdekaan Indonesia?
12) Paragraf keberapa dalam Preambule UUD 1945 yg berisi tentang perdamaian dunia? Tuliskan!

2. Regional:
1) Semboyan ASEAN? Hymne ASEAN?
2) Negara pendiri ASEAN? Jumlah anggota ASEAN saat ini?
3) Nama Sekjen ASEAN yang menjabat saat ini? Dari negara?
4) Tujuan didirikannya ASEAN? Tanggal berdirinya ASEAN?
5) Negara pemimpin ASEAN saat ini?
6) Tahun berapakah rencananya ASEAN community dimulai?

3. Internasional
1) Sebutkan negara anggota G20?
2) Berapa negara anggota Uni Eropa? Dimanakah ibukota UE? Presiden yg menjabat saat ini?
3) Di kota manakah Olimpiade 2012 diadakan? Negara mana yang menjadi juara umum pada Olimpiade tersebut?
4) Negara mana yang menjadi juara sepakbola EURO 2012?
5) Revolusi di Tunisia memicu terjadinya revolusi di Timur Tengah. Dikenal dengan nama apa pergerakan di Tunisia tersebut?
6) Siapa nama Presiden Mesir yang dilengserkan pasca revolusi? Siapa nama presiden terpilih pasca revolusi?
7) Siapakah nama istri Pangeran William? (ini pertanyaan setengah gossip.wkwkwk)
8) Siapa nama peraih Nobel perdamaian 2010 dan 2011?
9) Siapakah nama utusan khusus PBB untuk krisis politik di Suriah?
10) Sebutkan negara-negara pemilik hak veto di PBB?
11) Sebutkan nama badan PBB yg menangani kebudayaan? Yg menangani pengungsi?
12) Apa kepanjangan dari REDD? UNFFFC?
13) Nama pendiri Wikileaks?
14) Sebutkan negara yang memberikan suaka politik kepada Julian Assange?
15) Sebutkan kandidat presiden AS dari partai republik?
16) Apa saja yang termasuk dalam Good Governance?
17) Sebutkan tujuan tujuan MDG?
18) Nama presiden Bank Dunia saat ini? IMF?
19) Sebutkan nama pulau yang menjadi sengketa antara Jepang dan China?
20) Negara mana saja yg terlibat dalam Six-Party Talks?
21) Terletak di kota manakah markas WTO?
22) Siapa nama pelaku penembakan di premier Batman: The dark Rises?

Berikut hal hal yg mungkin ditanyakan di bagian 3:
1. Menurut anda, bagaimanakah sikap yg paling tepat untuk menyikapi Malaysia yang beberapa kali telah melakukan klaim sepihak atas beberapa kebudayaan Indonesia?
2. What is Bali Democracy Forum? Apa manfaat yang dapat dipetik dari BDF untuk Indonesia? Apa manfaat bagi dunia internasional?
3. Jika anda adalah seorang diplomat Indonesia, bagaimana sikap anda terhadap pemerintah Myanmar, terkait isu etnis Muslim Rohingya? Perlukah ASEAN dilibatkan dalam penanganan isu tersebut? Mengapa?
4. Apa perlunya Interfaith dialogue bagi perdamaian dunia? Jelaskan hubungannya dengan penanganan terorisme internasional?
5. Tahun 2011 hingga 2012, beberapa negara di zona Eropa terancam mengalami kebangkrutan. Negara-negara seperti Yunani, Spanyol, Portugal hingga Italia terlilit hutang yg cukup banyak sehingga membahayakan kelangsungan Uni Eropa sebagai sebuah entitas bersama. Melihat dari kasus UE, masih perlukan ASEAN membentuk komunitas ASEAN? Apa saja tantangan dan keuntungan yang didapat dari komunitas ASEAN tersebut?
6. Untuk mendapatkan asylum di Australia, banyak sekali imigran gelap yang melewati dan membanjiri wilayah Indonesia. Bagaimana cara menangani hal tersebut?
7. Jelaskan mengenai Code of Conduct dalam isu sengketa kawasan di Laut China Selatan? Apa peran yang dapat diambil ASEAN dalam menciptakan perrdamaian di kawasan tersebut?
8. ASEAN secara mengejutkan akan memberikan kesempatan kepada Myanmar untuk memimpin ASEAN. Menurut anda, sudah saatnyakah Myanmar memimpin ASEAN menyangkut isu HAM yang ada disana?
9. Indonesia dan AS telah menyepakati adanya Kerjasama Komprehensif mulai tahun 2010. Di bidang apa sajakah Kerjasama tersebut? Apa tujuannya?
10. Bagaimana sikap diplomasi yang tepat terhadap China menyangkut isu AFTA? Apa tantangan dan kesempatan apabila AFTA tetap dijalankan bagi Indonesia secara khusus dan ASEAN secara umum?
11. Menurut anda, masih perlukah dunia membangun pembangkit listrik tenaga nuklir, pasca insiden reaktor di Fukushima? Bagaimana cara mengatasi krisis energi yang sudah mulai terjadi?
12. Jelaskan bagaimana revolusi Timur Tengah dapat terjadi dan apa dampaknya bagi geopolitik timur Tengah di masa yang akan datang?
13. Bagaimanakah sikap diplomasi yang tepat dalam pergolakan yang terjadi di Suriah? Perlukah aksi militer dilakukan terhadap rezim Bashar Al Assaad?
14. Jelaskan korelasi antara ASEAN way dengan kondisi geopolitik di ASEAN?

Ingat, kalo pertanyaannya bahasa Inggris kudu dijawab dgn English, begitupun kalau bhs Indo ya jawab pake Bahasa. Kerjakan soal dengan cool, calm and confident. Halah. Untuk anda yg memilih Bahasa lain pada saat registrasi, misalnya Prancis, China, Jerman, atau bahasa Namec (???), sayang sekali, kalo tidak melewati tes awal ini, kemampuan bahasa asing anda tidak berguna. Mo pinter bahasa Mandarin kayak Stephen Chow pun ga ada gunanya. So, mastering written english is a must. Mulai aja latihan nulis pake Bahasa Inggris dengan aksen Jakarta Post. Serius ini, yg sering baca (dan paham) Jakarta Post pasti mudah melewati tahap ini.

Bolster, convene, uprising, perennial, border, promote, deal with, prompt, raid, assault, stand, deteriorate…

Kalo lolos tes awal ini ada tes bahasa, sesuai dengan pilihan bahasa masing-masing. Disini, baru deh, menguasai bahasa asing non-Inggris menjadi keuntungan tersendiri. Apalagi bahasa-bahasa yg terancam punah macam Swahili, Zulu, Miyote, Namec. Wkwkwkwk. Becanda.

Setelah lolos tes bahasa baru ke rangkaian tes akhir, in which, I had failed at that tests. Jadi jngan nanya bgmn cara lolos dari tes akhir yak. Hehe. Anyway ntar kalo ada yg ke tes akhir aku kasi tau tahapan tesnya biar ada sedikit gambaran. Yang unik, banyak banget orang yg udah ikut tes Deplu ini lebih dari sekali. Pas wawancara akhir, aku nemui orang yg 3 kali ikut tapi baru sekali lolos mpe tahap akhir. Kalo dilihat dari model soalnya yang sama terus tiap tahun sih emang kemungkinan lolos semakin besar seiring dengan makin sering ikut. Hehe.

Yak, cukup panjang juga, mpe ngos-ngosan nulisnya. Hehe. Semoga tulisan ini ada manfaatnya, dan mampu mengantarkan rekan-rekan ke Pejambon. Amin.

Oke, selanjutnya, feel free to comment below in regards of anything you want to ask about the test. Wassalam.


TAGS


-

Author

Follow Me